top of page

Jenis Dekorasi dalam Desain Interior : Engsel


Sumber Gambar : i.pinimg.com


Engsel mungkin tersembunyi, namun hampir semua furniture memerlukan engsel untuk bekerja. Disamping fungsi utamanya, engsel juga menjadi salah satu komponen pendukung yang krusial dalam mempercantik keseluruhan desain interior suatu ruangan. Untuk memaksimalkan nilai estetika desain interior, setiap jenis engsel harus disesuaikan dengan konsep desain interior ruangannya.


Terdapat berbagai jenis engsel dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Setiap jenisnya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing tergantung pada cara pemakaiannya pada desain interior.


Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang jenis-jenis engsel sebelum anda memilih engsel yang tepat untuk melengkapi desain interior tempat anda, silakan simak artikel berikut tentang jenis-jenis engsel dan cara pemakaiaannya.


1. Engsel Kupu-kupu

Salah satu engsel yang sering digunakan. Anda dapat menemui engsel ini digunakan pada daun-daun pintu, menghubungkannya dengan bingkainya.


2. Engsel Panel

Bentuknya mirip dengan engsel kupu-kupu namun lebih kuat dan kokoh. Tentu saja penggunaannya juga untuk daun pintu dan jendela dengan bobot yang lebih berat.


3. Engsel Piano

Ukuran engsel ini lebih Panjang dibandingkan jenis engsel lainnya, karena engsel ini dulunya digunakan sebagai engsel panel penutup piano. Namun, saat ini engsel piano juga digunakan pada daun pintu dan jendela.


4. Engsel Gudang

Sesuai dengan namanya, engsel ini digunakan untuk pintu gudang. Untuk pintu gudang yang ukurannya besar, pemakaian engsel gudang dapat diperbanyak.


5. Engsel Koboi

Jika anda pernah menonton film koboi, anda pasti tahu pintu kayu ayun bar yang mudah di dorong. Engsel koboi memungkinkan daun pintu untuk dibentangkan hingga batas maksimal.


6. Engsel Bubut

Bentuknya silinder dengan bagian tengah yang hollow, sebagai tempat memasukan pasangan engselnya, memungkinkan engsel ini melakukan fungsinya. Biasanya digunakan sebagai engsel daun yang bobotnya berat. Instalasinya juga perlu dibantu dengan las.


7. Engsel Bengkok

Dipasang dibagian dalam daun pintu agar tidak terlhat dari luar. Seperti pada daun pintu kabinet misalnya.


8. Engsel Lurus

Kebalikan dari engsel bengkok, engsel lurus dipasang di sisi luar daun pintu.

Setelah membaca artikel singkat diatas, mungkin anda dapat mengambil beberapa informasi yang kiranya dapat anda jadikan referensi dalam mempertimbangkan pilihan engsel yang ingin akan anda gunakan untuk melengkapi desain interior tempat anda. Jenis-jenis engsel yang dibahas pada artikel ini adalah hanya beberapa jenis saja yang sering dingunakan dalam desain interior.


Mungkin ada baiknya, sebelum anda menetapkan pilihan anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page