top of page

Jenis Dekorasi dalam Desain Interior : Meja


Sumber Gambar : westelm.com


Meja adalah salah satu perabot yang selalu ada pada suatu ruangan. Disamping fungsi utamanya, meja juga menjadi salah satu komponen pendukung yang krusial dalam mempercantik keseluruhan desain interior suatu ruangan. Untuk memaksimalkan nilai estetika desain interior, setiap jenis meja harus disesuaikan dengan konsep desain interior ruangannya.


Terdapat berbagai jenis meja dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Setiap jenisnya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing tergantung pada cara pemakaiannya pada desain interior.


Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang jenis-jenis meja sebelum anda memilih meja yang tepat untuk melengkapi desain interior tempat anda, silakan simak artikel berikut tentang jenis-jenis meja dan cara pemakaiaannya.


1. Meja Makan

Sesuai Namanya, meja jenis ini biasanya yang digunakan untuk aktivitas makan. Bentuknya persegi atau ala Cina berbentuk lingkaran, dengan ukurannya yang sangat beragam. Biasanya kaki meja terletak di setiap sudut atau di tengah-tengah, sisinya dibiarkan terbuka sebagai tempat masuknya kursi dan kaki.


2. Meja Kerja/Belajar

Biasanya meja kerja dikhususkan untuk digunakan satu orang saja. Selain itu, meja kerja dilengkapi dengan laci dan rak-rak, bahkan untuk yang berukuran agak besar terkadang dilengkapi kabinet. Bentuknya pun beragam, namun biasanya hanya terdapat satu sisi yang dibuka untuk jalur masuknya kursi.


3. Meja Rias

Sama seperti meja belajar, meja rias juga biasanya dilengkapi dengan laci dan rak-rak. Ciri utama meja rias adalah terpasangnya kaca yang menghadap ke sisi kursi. Beberapa model juga memiliki lampu-lampu terpasang pada sisi kaca.


4. Coffee Table

Berbeda dengan meja makan atau pun meja belajar, coffee table dimensinya sengaja dibuat lebih rendah. Dirancang demikian supaya coffee table tidak menghalangi pandangan anda saat beraktivitas. Coffee table sendiri fungsi utamanya adalah untuk menaruh barang-barang agar mudah dijangkau saat anda sedang menonton, seperti remote TV atau cemilan misalnya.


Tentunya anda dapat membuat coffee table custom. Struktur dan desainnya pun beragam, bebas sesuai dengan keinginan anda. Bahkan tak jarang, coffee table dibuat unik sehingga dapat berfungsi juga sebagai dekorasi pada ruangan.


5. Bar Table

Lebih tinggi dari pada meja pada umunya, bar table dibuat demikian untuk mengimbangi tinggi kursi stool. Saat ini, banyak desain interior yang menerapkan mini bar pada hunian untuk menghemat tempat. Karena meja ini dapat digunakan saat anda duduk mau pun berdiri, jadi dapat menunjang aktivitas seperti memasak misalnya.


6. Meja Konsol

Sering kali meja konsol dijadikan sebagai tempat menaruh barang-barang. Biasanya diletakkan di dekat pintu masuk atau ruang tengah. Selain sebagai tempat menaruh barang, meja konsol juga dapat di-desain menjadi lebih cantik sehingga dapat berfungsi sebagai objek dekorasi.


7. End Table

Fungsinya mirip seperti meja konsol. End table juga adalah tempat menaruh barang-barang. Sesuai dengan Namanya, end table diletakan dibagian samping tempat duduk. Ukurannya lebih kecil dari pada meja pada umumnya, dan berdekatan dengan kursi untuk memudahkan orang yang sedang duduk untuk menggapai barang yang ditempatkan pada permukaan meja.


Setelah membaca artikel singkat diatas, mungkin anda dapat mengambil beberapa informasi yang kiranya dapat anda jadikan referensi dalam mempertimbangkan pilihan meja yang ingin akan anda gunakan untuk melengkapi desain interior tempat anda. Jenis-jenis meja yang dibahas pada artikel ini adalah hanya beberapa jenis saja yang sering dingunakan dalam desain interior.


Mungkin ada baiknya, sebelum anda menetapkan pilihan anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page