top of page

Jenis Lantai Interior : Keramik & Batuan


Sumber Gambar : burkedecor.com


Pilihan dinding dalam desain interior suatu hunian sangatlah penting. Dinding yang anda gunakan pada suatu desain interior akan sangat menentukan nuansa ruangan tersebut. Tidak hanya dinding saja, keseluruhan konsep desain interior juga harus senada dengan dinding yang dipilih.


Hal lain yang diperlu diperhatikan selain aspek estetika dari dinding, adalah karakteristik dinding tersebut. Karakteristik yang dimaksud adalah, bahan dan tekstur dari dinding tersebut. Karakteristik inilah yang mempengaruhi sensasi sentuhan dinding tersebut, juga menentukan bagaimana cara merawat jenis dinding tertentu.


Dinding keramik dan batuan seringkali dijadikan pilihan untuk banyak desain interior di Indonesia. Untuk memahami lebih dalam, mari kita bahas bersama berbagai macam jenis dinding interior keramik dan batuan yang umum digunakan di Indonesia :


Batako

Penggunaan batako pada pondasi bangunan memang umum digunakan di Indonesia. Namun, yang banyak orang belum tahu, batako juga dapat digunakan untuk mempercantik desain interior ruangan. Pada desain interior, batako biasanya digunakan untuk lantai dan dinding, dan tidak semua jenis batako cocok digunakan pada desain interior. Kali ini kita akan bahas bersama jenis batako yang dapat digunakan untuk desain interior yaitu batako semen.


Batako semen sendiri terbuat dari campuran semen dan pasir. Dalam desain interior dengan gaya industrial, batako semen dapat digunakan untuk menciptakan suasana pabrikan dan ‘kasar’. Untuk itu, batako semen tidak perlu diberi lapisan pada permukaannya untuk menampilkan tekstur kasar alami dari batako.


Bata Merah

Mirip seperti batako, bata juga dibiarkan terbuka tanpa dilapisi apapun untuk menonjolkan tekstur khusus permukaannya. Lain dengan batako, hampir semua jenis bata merah dapat digunakan pada desain interior, mari kita bahas bersama :


- Bata Biasa

Jenis ini adalah yang paling sering kita temui, yaitu bata yang dipakai untuk membuat dinding bangunan. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan penggunaannya sebagai aksen pada desain interior. Warnanya tidak merata dan permukaannya yang kasar dan berpori, justru menjadi daya tarik tersendiri sebagai aksen.


- Bata Ekspos

Bentuknya lebih rapi dan tekstur permukaannya lebih mulus, begitu pun dengan warnanya yang sama rata. Bata ekspos memang dibuat dan diperuntukan sebagai dekorasi.


- Bata Tempel

Lebih tipis dari pada jenis bata laiinya. Bata tempel seakan merupakan kombinasi antara bata biasa dan bata ekspos. Permukaannya tidak semulu bata ekspor tapi tidak juga kasar seperti bata biasa. Begitu juga dengan bentuknya yang tidak terlalu presisi. Bata difungsikan untuk langsung ditempel pada permukaan dinding yang sudah jadi.


- Bata Terakota

Hampir mirip seperti bata ekspos, namun lebih dikhususkan untuk desain interior. Permukaannya lebih mulus dan rongga antar balok tidak serenggang bata ekspos. Cara pemasangannya pun sama seperti bata tempel. Cukup ditempelkan pada permuakaan dinding yang sudah jadi.


Beton Ekspos

Saat ini beton ekspos seakan menjadi ciri khas pada design modern dan minimalist restoran atau café di Indonesia. Jika dikombinasikan dengan desain interior yang sesuai dan dilengkapi dengan pencahayaan yang bagus, dinding beton ekspos dapat membangkitkan sisi artistik pada suatu ruangan.


Meski disebut beton ekspos, namun sebenarnya bagian permukaan beton telah dilapis semen. Permukaan semen yang tekturnya mulus dibiarkan terbuka tanpa dilapis wallpaper atau pun cat. Untuk memudahkan perawatan, terutama jika digunakan pada restoran atau tempat umum yang rentan kotoran, maka permukaan semen tersebut biasanya diberi zat pelapis, sehingga permukaan menjadi lebih licin dan sedikit mengkilap.


Sumber Gambar : thedesignfiles.net


Keramik

Banyak digunakan di dapur dan di kamar mandi, alasanya karena dinding keramik permukaanya mudah dibersihkan dan tahan air. Dari segi estetika, dinding keramik memiliki penampakan yang beragam dari segi motif, warna, ukuran, dan tekstur.

Sumber Gambar : thedesignfiles.net


Pembahasan singkat diatas telah memberikan kita gambaran tentang masing-masing jenis dinding keramik dan batuan. Berdasarkan pemahaman anda tentang jenis-jenis dinding, anda dapat memperkirakan jenis dinding seperti apa yang cocok untuk anda, dengan catatan bahwa jenis dinding tersebut harus disusaikan benar-benar dengan desain interior hunian.


Maka dari itu, sebelum anda menetapkan pilihan dinding anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page