top of page

Jenis Lantai Interior : Sintetis


Sumber Gambar : archdaily.com


Pilihan lantai dalam desain interior suatu hunian sangatlah penting. Lantai yang anda gunakan pada suatu desain interior akan sangat menentukan nuansa ruangan tersebut. Tidak hanya lantai saja, keseluruhan konsep desain interior juga harus senada dengan lantai yang dipilih.


Hal lain yang diperlu diperhatikan selain aspek estetika dari lantai, adalah karakteristik lantai tersebut. Karakteristik yang dimaksud adalah, bahan dan tekstur dari lantai tersebut. Karakteristik inilah yang mempengaruhi sensasi sentuhan lantai tersebut, juga menentukan bagaimana cara merawat jenis lantai tertentu.


Lantai sintetis seringkali dijadikan pilihan untuk banyak desain interior di Indonesia. Untuk memahami lebih dalam, mari kita bahas bersama berbagai macam jenis lantai interior sintetis yang umum digunakan di Indonesia :


Karpet

Di Indonesia, penggunaan karpet pada lantai lebih sering kita temukan pada lantai hotel, perkantoran, dan tempat-tempat umum, agak jarang kita temukan karpet digunakan pada hunian. Jenis dan karakteristik bahan, warna, tekstur, dan corak karpet sangatlah beragam, membuat karpet cukup mudah diadaptasikan pada berbagai macam desain interior.


Karpet sendiri berbahan dasar wol atau bahan-bahan sintetis seperti nylon, polyester, dan polypropylene. Bahan-bahan tersebut dapat diproses dan dimodifikasi secara leluasa untuk menghasilkan karakteristik tertentu pada produk jadinya.


Seperti yang kita tahu, perawatan karpet cukup penting. Karena bahan bakunya memiliki pori-pori yang renggang dan bahan yang serap lembab, karpet cukup rentan terhadap air, kelembapan, debu dan juga menyerap bau. Jika terjadi kerusakan pun, proses penggantian karpet harus dilakukan serapi mungkin.

Sumber Gambar : etsy.com


Vinyl

Meski terbilang baru, hanya dalam kurun waktu singkat Vinyl sudah menjadi salah satu pilihan lantai tervaforit di Indonesia. Mudah diaplikasikan dan perawatannya yang sederhana, serta harga yang ekonomis adalah alasan utama mengapa Vinyl begitu diminati masayarakat awam. Bagi para kontraktor dan interior desainer sendiri, Vinyl juga cukup digemari karena karakteristik bahannya yang fleksibel, tahan lama, mudah dipasang, dan anti air. Warna dan motifnya pun sangat beragam, mudah dipadupadankan dengan berbagai desain interior.


Namun, dibalik segala kelebihan tersebut, Vinyl juga memiliki beberapa kekurangan yang dapat menjadi pertimbangan bagi anda sebelum menggunakannya.


Pada dasarnya body Vinyl memang lebih tipis dan ringan. Meski hal ini membuat Vinyl lebih fleksibel, namun juga membuat Vinyl tidak tahan suhu panas. Jika digunakan sebagai pelapis meja makan, lama kelamaan Vinyl akan bergelembung. Lalu, ada pun Vinyl cukup retan terhadap goresan. Jadi berhati-hatilah jika menggeser furniture dan beralaskaki di dalam ruangan.


Untuk desain interior, kekurangan Vinyl yang seringkali menjadi pertimbangan dalam sebuah desain adalah penampakannya yang seringkali terlihat kurang natural jika dibandingkan dengan lantai kayu atau batuan asli.

Sumber Gambar : shawfloors.com


Linoleum

Lantai Linoleum dapat menjadi pilihan baik karena sifatnya yang ramah lingkungan. Terbuat dari miyak biji rami, resin, serbuk kayu, dan mineral seperti kalsium karbonat, membuat Lantai Linoleum dapat didaurulang karena bahan-bahan baku tersebut adalah bahan biodegradable.


Dari segi warna dan motif, Lantai Linoleum cenderung memiliki warna-warna yang cerah dan motif yang lebih kompleks. Akan tetapi, tidak semua Lantai Linoleum memiliki pelapis plastik pada permukaan, melainkan motifnya langsung dicetak keseluruh bagian lantai. Karena itu, variasi desain Lantai Linoleum tidak sebanyak vinyl.


Seperti yang sudah anda pahami diatas, tidak semua Lantai Linoleum memiliki lapisan pada permukaannya. Jenis Lantai Linoleum yang seperti ini akan lebih rentan terhadap air dan lembab. Untuk itu, anda harus menggunakan Lantai Linoleum di ruangan yang tidak sering terkena basah.


Dari segi perawatan, Lantai Linoleum dapat dirawat dengan sangat mudah. Bahkan karena kemudahan perawatnnya, Lantai Linoleum seringkali digunakan untuk tempat-tempat umum. Segala macam noda dan kotoran yang menempel pada permukaan Lantai Linoleum dapat dengan sangat mudah dibersihkan.

Sumber Gambar : thisoldhouse.com


Karet

Sama seperti Lantai Lineleum, Lantai Karet juga lebih sering digunakan untuk tempat-tempat umum, terutama di rumah sakit dan pusat kebugaran serta lapangan dan tempat bermain anak. Lantai Karet banyak digunakan di tempat-tempat tersebut karena kelebihan utama dari Lantai Karet adalah anti slip dan anti air, berguna untuk mencegah orang terpeleset. Lantai Karet juga kedap suara, tepat digunakan di perpustakaan, dapur, dan tempat-tempat komersil. Selain itu, Lantai Karet juga anti panas, membuatnya juga sering digunakan diluar ruangan.


Lantai Karet seringkali dicampur dengan material berupa kerikil yang diberikan berbagai warna. Hal ini dilakukan untuk membuat Lantai Karet semakin anti slip dan kuat, serta memiliki motif warna-warni.

Sumber Gambar : greatmats.com


Pembahasan singkat diatas telah memberikan kita gambaran tentang masing-masing jenis lantai sintetis. Berdasarkan pemahaman anda tentang jenis-jenis lantai, anda dapat memperkirakan jenis lantai seperti apa yang cocok untuk anda, dengan catatan bahwa jenis lantai tersebut harus disusaikan benar-benar dengan desain interior hunian.


Maka dari itu, sebelum anda menetapkan pilihan lantai anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page