top of page

Ketahui 5 Hal ini Sebelum Memilih Interior Designer


Anda baru saja membeli salah suatu hunian, kemudian anda memikirkan tahap selanjutnya, tahap paling penting dari memiliki sebuah hunian baru, yaitu interior design -nya. Tentu anda tahu, tak akan lengkap rasanya jika tidak memiliki interior design yang anda inginkan, dan ingin segera mewujudkan konsep hunian idaman anda.


Selanjutnya, anda mulai mencari jasa interior design profesional. Tentu anda menginginkan yang terbaik, dari sisi design, kualitas, harga, serta etika kerja dan profesionalisme designer itu sendiri. Kali ini, tim Deluxe Interiors akan berbagi cara untuk membantu menemukan jasa interior design terbaik yang sesuai untuk anda, yaitu dengan mengajukan 5 pertanyaan ini sebelum anda memutuskan untuk menyewa suatu jasa interior design profesional :


1. Portfolio

Terdapat 2 macam portfolio yang anda perlu ketahui, yaitu portfolio gambar dan portfolio fisik bangunan. Portfolio gambar adalah sebuah ilustrasi digital 2D atau 3D yang merupakan perencanaan design dari sebuah unit hunian. Sedangkan portfolio fisik bangunan merupakan hasil kerja nyata proyek interior design terdahulu yang sudah selesai dikerjakan. Idealnnya, ilustrasi 3D dan hasil proyek adalah sama, gambar mencerminkan bentuk fisik yang sebenarnya.

Tentu anda mengerti bahwa kesempatan untuk melihat portfolio fisik akan memberi gambaran nyata seperti apa hasil perkerjaan interior designer tersebut. Anda juga bisa melihat dan meyentuh langsung material yang digunakan untuk proyek tersebut dan membandingkannya dengan proyek lain, untuk mengetahui kualitas material yang digunakan. Maka sebenarnya akan lebih baik jika anda meminta untuk diajak melihat hasil interior design yang sudah selesai dikerjakan.

2. Bahan yang Digunakan

Setelah melihat-lihat portfolio hasil pekerjaan interior design, anda baiknya mengajukan berbagai pertanyaan seputar material yang digunakan. Ketahuilah kualitas masing-masing jenis meterial. Selain kualitas, perhatikan juga penggunaan jenis material tertentu pada interior design. Contoh sederhanya, keramik untuk kamar mandi, kayu untuk lantai, granit untuk meja. Anda ingin gunakan material jenis apa untuk bagian mana pada interior design hunian anda? Hal tersebut harus anda komunikasikan dengan designer.


3. Perhitungan Harga

Hal-hal yang paling mempengaruhi harga suatu proyek interior design adalah, kerumitan design, luas bagunan, banyaknya custom furniture, kualitas material yang digunakan, dan lamanya waktu pengerjaan. Bukan persoalan mahal atau murah. Persoalan patokan harga interior design adalah worth it atau tidak, apakah harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas bahan, design, hasil pekerjaan, dan servisnya.

Sama halnya dengan membeli barang dengan kualitas bagus cenderung relatif lebih mahal, namun apakah kualitas tersebut sebanding dengan uang yang kita keluarkan. Hal ini yang perlu anda bicarakan dengan designer interior, dapatkan harga yang sebanding dengan kulitas hasil pekerjaan interior design tersebut.

4. Lama Waktu Pengerjaan

Anda tentu tidak sabar untuk segera bersantai menikmati kenyamanan hunian idaman anda. Namun tentu saja pengerjaan proyek interior design da pembuatan custom furniture memerlukan waktu, yang mana dipengaruhi oleh banyak faktor dan berbeda-beda tergantung masing-masing interior designer. Begitu juga dari sisi client, yang mana ukuran lama singkatnya waktu proyek sangat relatif, dan setiap client memiliki jadwal masing-masing. Maka semua tergantung pertimbangan dan jadwal anda, apakah waktu pengerjaan proyek yang ditawarkan oleh interior designer sesuai dengan jadwal anda.

5. Kontrak Kerja dan Garansi

Setelah anda mendapatkan kejelasan atas segala hal diatas, maka pastikan detail tersebut dituangkan dengan sesuai pada kontrak kerja. Komunikasikan secara jelas dengan interior designer jika ada hal yang masih mau diubah sebelum proyek interior design berjalan. Pastikan juga bahwa ada masa garansi, yaitu tenggang waktu yang diberikan setelah proyek selesai untuk melakukan perbaikan dan penyesuaian jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan yang telah terulis pada kontrak kerja.

Selain hal-hal diatas, pada dasarnya perusahaan interior design utamanya menjual jasa dari pada barang, jadi ada baiknya anda mempertimbangkan kualitas servis yang ditawarkan. Karena dalam mengerjakan proyek interior design tak hanya designer, tapi anda juga berperan penting dan terlibat langsung dalam menentukan hasil pekerjaan. Perlu dimengerti bahwa setiap jasa interior design menawarkan jasa dan servis yang serupa tapi belum tentu sama persis, maka semua kembali terhadap pertimbangan anda masing-masing, ingin jenis servis yang seperti apa.


Untuk konsultasi design interior dan custom furniture serta informasi lebih lanjut seputar artikel ini, silakan kunjungi kantor dan show room kami, Deluxe Interiors | Interior Design & Custom Furniture , Silkwood Residence, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, atau kunjungi website kami di www.deluxe-id.com .

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

コメント


bottom of page