top of page

Strategi Hemat Pakai Jasa Interior Design

Diperbarui: 26 Mar 2020


Memiliki hunian baru tentu saja sangat menyenangkan. Tak sabar rasanya ingin segera menyulap setiap sudut ruangan kosong menjadi bagus, indah, dan nyaman. Namun merenovasi seluruh rumah tentu memerlukan waktu dan dana, sedangkan anda ingin segera menikmati hari-hari bahagia di hunian idaman. Nah, jika ada kasus seperti ini, biasanya tim Deluxe Interiors akan menyarankan client untuk melakukan interior design secara bertahap.


Mengapa demikian?


Deluxe Interiors telah berpengalaman selama lebih dari 20 tahun di bidang interior design dan custom furniture, berdasarkan pengalaman dengan client dan hasil analisa project design kami,


pada dasarnya, setiap hunian memiliki beberapa titik penting. Dengan melakukan interior design pada bagian-bagian tersebut, hunian anda akan langsung terasa jauh berbeda, meski pun hasilnya memang belum maksimal karena bagian rumah lainnya masih belum di- interior design.


Selain itu, melakukan interior design bertahap dapat meringankan anda secara finansial. Alih-alih harus menyiapkan dana sekaligus untuk interior design dan membuat custom furniture untuk seluruh isi rumah, dana tersebut dapat ‘dicicil’ sesuai dengan berjalannya pengerjaan proyek interior design rumah anda.


Berikut adalah titik-titik penting pada hunian yang menjadi prioritas interior design :


1. Kitchen dan Ruang Makan

Pada apatemen atau rumah minimalis modern, kitchen atau dapur biasanya ditempatkan di dekat pintu masuk atau di sudut ruangan, tidak diberi sekat atau pun pintu dan ada yang diberi semi-sekat (setengah bagian) namun biasanya juga tidak berpintu. Hal ini membuat kitchen mencolok dari segala sisi ruangan. Interior design utama pada dapur meliputi kitchen set untuk meyimpan peralatan masak, kompor, cooker hood (exhaust), dan sink (wastafel). Jika kitchen jadi satu dengan area makan, area makan tersebut dapat dibuatkan custom furniture, seperti meja makan atau mini bar, kursi-kursi, rak piring, lemari kulkas dan dispenser.



Meski pun kitchen pada rumah merupakan ruangan tersendiri yang tidak terlihat dari ruangan lain, kitchen tersebut tetap memerlukan kitchen set, kompor, cooker hood, dan sink. Lagi pula, memiliki dapur yang bagus dan bersih membuat kegiatan masak memasak menjadi lebih menyenangkan.


2. Living Room

Pada setiap jenis hunian, living room (ruang keluarga) atau ruang TV terletak ditengah, dan merupakan ruang utama yang tentu menjadi pusat perhatian. Konsep interior design yang ditetapkan pada living room akan menjadi penentu tema design seluruh bagian hunian tersebut. Misalnya, jika interior design living room bernuansa classic dengan motif kekayuan, maka interior design dan custom furniture pada ruangan-ruangan lain juga akan memiliki aksen serupa. Maka penting bagi anda, untuk melakukan konsultasi secara menyeluruh dengan konsultan interior design profesional untuk mematangkan konsep interior design yang anda inginkan.


3. Lantai

Tentu anda sudah sering merasakan bagaimana pemakaian suatu jenis bahan lantai atau ubin dapat sangat mempengaruhi nuansa ruangan tersebut. Seperti, lantai motif kayu membuat ruangan terasa lebih nyamana dan relax, ubin marmer memberikan kesan mewah, sedangkan karpet memiliki kesan classic dan penuh kehangatan. Berdasarkan pengalaman kami, melakukan perubahan pada lantai akan sangat mendukung keberadaan interior design dan custom furniture.


Sekarang coba anda bayangkan, satu ruangan apa saja pada hunian anda, ruangan tersebut telah di- interior design dan dilengkapi custom furniture (full furnished) namun dengan lantai berupa ubin putih biasa, kemudian bayangkan satu per satu jenis lantai yang anda gunakan pada ruangan tersebut, kayu, marmer, karpet, pilih salah satu yang paling cocok dengan anda, tetapkan pilihan anda, lalu fokus dan perhatikan bagaimana interior design ruangan tersebut sekarang, bandingkan dengan hanya menggunakan ubin putih.

Biasanya kami melakukan ilustrasi seperti diatas dengan client kami untuk mendapatkan jenis ubin yang paling sesuai.


4. Wallpaper

Sama halnya dengan lantai, wallpaper sangat mendukung interior design suatu hunian. Bedanya, wallpaper memberikan aksen, motif, dan warna pada dinding, karena dinding berada pada eye level, maka kebeadaan wallpaper secara langsung akan terlihat jelas oleh mata saat berada pada ruangan tersebut.


Banyak yang bertanya pada kami. Kenapa pakai wallpaper? Kenapa tidak di cat saja?


Selain wallpaper, aplikasi interior design pada dinding juga bisa menggunakan cat atau HPL (lapisan kayu), dan banyak dari design kami menggunakan cat atau HPL sesuai dengan fungsi pada ruangan, dan sama bagusnya dengan design yang menggunakan wallpaper, hanya berbeda style saja. Wallpaper cocok untuk diaplikasikan pada hunian karena praktis dan efisien, dimana anda sebagai pemilik hunian tentu tidak mau direpotkan jika ada perbaikan pada hunian anda.


Bila dibandingkan dengan cat, wallpaper dapat menutupi retak, luntur, dan jamur pada dinding serta tidak berbau. Jika ada satu bagian wallpaper yang terkena kotoran, anda cukup mengganti pada bagian tersebut saja. Pemasangan wallpaper pun cukup cepat dibandingkan mengecat (harus menunggu cat kering) atau pun memasang HPL, maka jika anda bosan dengan wallpaper anda, anda dapat langsung menggantinya dalam waktu yang cukup singkat. Dibandingkan dengan HPL, harga wallpaper pun lebih ekonomis, jika anda ingin motif kayu pada dinding dengan harga bersahabat, anda cukup memilih wallpaper motif kayu dengan tekstur urat kayu yang kentara.


5. Kamar Tidur

Lain halnya dengan kitchen dan living room, kamar tidur sifatnya private, dan bukan lah bagian paling mencolok, namun memiliki peran terpenting bagi kenyamanan anda.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kamar sebagus dan senyaman hotel bintang lima?

Jika anda ingin membagi budget interior design untuk hunian anda, pastikan anda memberikan porsi dana yang lumayan untuk kamar tidur anda sendiri. Jangan ragu, anggap lah sebagai investasi kebahagiaan dan relak


sasi untuk bertahun-tahun kedepan. Lengkapi kamar anda dengan segala macam custom furniture yang anda inginkan, ranjang besar, wardrobe cermin, walk-in-closet, meja rias, credenza TV, ambalan, headboard, dan jangan lupa sertakan AC yang paling sejuk ya.


Strategi & Tips diatas seringkali kami anjurkan kepada client kami. Selain memudahkan secara finansial, melakukan interior design secara bertahap dapat memberikan kesempatan bari para client untuk mengevaluasi konsep interior design yang mereka terapkan pada satu ruangan, sehingga jika ada ide dan inspirasi baru dapat diterapkan pada ruangan-ruangan selanjutnya.


Untuk konsultasi design interior dan custom furniture serta informasi lebih lanjut seputar artikel ini, silakan kunjungi kantor dan show room kami, Deluxe Interiors | Interior Design & Custom Furniture , Silkwood Residence, Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan, atau kunjungi website kami di www.deluxe-id.com .


6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page