top of page

Gaya Desain Interior : Art Deco


Sumber : home-designing.com


Artikel ini merupakan salah satu bagian dari 20 seri artikel pada Deluxe Interiors : 20 Trending Interior Design Styles in 2021, yang merupakan sebuah kategori khusus pada blog Deluxe Interiors yang membahas tentang gaya-gaya desain interior yang sedang populer. Untuk membaca artikel tentang gaya desain interior lainnya dan artikel lain seputar desain interior, silakan kunjungi blog kami di www.deluxe-id.com/deluxe-interiors-blog .


Tema Desain

Aksen geometris menarik dilengkapi dengan dekorasi yang terbuat dari material eksotis merupakan daya tarik utama Desain Art Deco. Desain Art Deco dikenal sebagai konsep hunian glamour dan elegan yang sempat sangat populer pada tahun 1920-an. Meski pun sudah terlampau lama, desain ini terlihat modern dan everlasting. Malah, seiring dengan perkembangan zaman, Desain Art Deco menjadi inspirasi utama dari Desain Mid-Century Modern, yang sempat trend di Indonesia pada tahun 90-an.


Salah satu ciri khas Desain Art Deco adalah penggunaan bentuk-bentuk geometris yang tidak biasa. Jika pada gaya desain lain bentuk persegi, persegi panjang, dan lengkungan mendominasi, pada Desain Art Deco banyak ditemukan bentuk geometri lain seperti, trapezium, zig zag, spiral, segitiga, disertai berbagai dekorasi dan ornamen dengan detail yang cukup kompleks.

Gambaran sederhananya, nuansa Desain Art Deco membuat anda merasa seperti sedang berada di museum seni rupa. Megah, elegan, dan penuh dengan ­­item menarik.


Furniture

Desain custom furniture pada Desain Art Deco sangat ekspresif. Ukurannya besar-besar dengan beragam bentuk dan detail yang unik. Material yang digunakan juga didominasi oleh material metalik, kaca, batu alam seperti marmer, ranit, dan kristal, dimana terkadang bisa saja dipergunakan material kristal sintetis, hanya berfungsi untuk menambah nilai estetika saja.


Nuansa yang diinginkan adalah mewah dan megah, maka itu cukup wajar bila ukuran furniture cukup besar sehingga memakan tempat. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan bagi Desain Art Deco untuk diaplikasikan pada hunian berukuran kecil.

Pada hunian dengan ruang gerak terbatas, furniture utama yang biasanya diletakkan di ruang keluarga, dapat dijadikan sebuah centerpiece, sebuah objek yang menjadi daya tarik utama pada sebuh desain. Gunakan dekorasi dan ornamen untuk menambah nilai estetis ruangan tersebut.


Lalu, agar ruangan terasa lebih lega, penggunaan cermin cukup penting. Selain dapat memperkuat nuansa mewah, pantulan pada cermin yang lebar dapat menciptakan kesan megah.


Aksen Khusus

Pada umumnya Desain Art Deco banyak menggunakan warna emas, silver atau warna-warna lain yang dibuat metalik, serta warna hitam dan putih. Warna-warna ini digunakan sebagai aksen, dan juga pada dekorasi dan ornamen. Sedangkan, warna yang mendominasi adalah warna-warna terang yang memberikan nuansa ceria yang dikombinasikan dengan warna yang lebih halus sebagai detail, yang juga berfungsi untuk mengimbangi nuansa glamour pada ruangan.


Deluxe Interiors didirikan atas keinginan untuk menghasilkan karya seni dan terinspirasi untuk menciptakan kenyamanan pada suatu hunian. Kepuasan anda atas hasil kerja kami memotivasi kami untuk terus berkembang dan selalu memberikan yang terbaik.


Temukan pembahasan tentang berbagai gaya interior desain unik lainnya di https://www.deluxe-id.com/deluxe-interiors-blog . Untuk konsultasi seputar desain interior dan custom furniture serta informasi lebih lanjut mengenai artikel ini, silakan kunjungi kantor dan show room kami, Deluxe Interiors | Interior Design & Custom Furniture , Silkwood Residence, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan, atau kunjungi website kami di www.deluxe-id.com .

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page