top of page

Gaya Desain Interior : Mid-Century Modern


Sumber : Pauchok, goodfon.com


Artikel ini merupakan salah satu bagian dari 20 seri artikel pada Deluxe Interiors : 20 Trending Interior Design Styles in 2021, yang merupakan sebuah kategori khusus pada blog Deluxe Interiors yang membahas tentang gaya-gaya desain interior yang sedang populer. Untuk membaca artikel tentang gaya desain interior lainnya dan artikel lain seputar desain interior, silakan kunjungi blog kami di www.deluxe-id.com/deluxe-interiors-blog .


Tema Desain

Jika anda pernah menonton film Hollywood yang berlatar tahun 70-80an, cobalah ingat-ingat desain rumah di Amerika pada masa tersebut, kira-kira seperti itulah gambaran Desain Mid-Century Modern. Kombinasi antara desain klasik ala Eropa tahun 50an dengan sentuhan retro Amerika tahun 70an. Bedanya, di masa sekarang, Desain Mid-Century Modern diaplikasikan dengan lebih cerah dan berwarna. Style desain ini terbukti everlasting,tinggal disesuaikan dengan aksen-aksen yang sedang trend pada masa sekarang.


Di Indonesia sendiri sebenarnya style desain ini cukup populer, seperti rumah-rumah lawas tahun 80an. Dimana terdapat karakteristik tersendiri dari segi arsitektur, seperti atapnya cenderung lebih datar, bangunan satu lantai namun luas, terdapat taman belakang yang luas, teras rumah menjadi satu dengan taman depan, pokoknya hampir berbanding terbalik dengan rumah zaman sekarang. Kira-kira terbayang bukan konsep desain interior pada rumah pada zaman tersebut.


Furniture

Salah satu material yang menjadi ciri khas dari Desain Mid-Century Modern adalah bahan kulit, yang biasa digunakan untuk sofa dan kursi. Pada ruang keluarga jumlah tempat duduk juga cukup banyak, mengelilingi sebuah meja yang terbuat dari kayu alam atau kaca. Selain bahan kulit, penggunaan bahan kain juga cukup dominan, terutama untuk ornamen seperti karpet dan bantal.


Jika pada style desain masa sekarang banyak menggunakan lantai kayu, ciri khas Desain Mid-Century Modern adalah lantai marmer atau keramik. Hal ini menjadi suatu keunggulan tersendiri bagi Desain Mid-Century Modern dibanding desain modern, yaitu lantai dapat disesuaikan dengan dekorasi rumah. Misalnya dekorasi ruangan sudah cukup memiliki banyak warna dan aksen, maka lantainya menggunakan keramik. Sebaliknya jika warna yang digunakan monotone maka dapat menggunakan lantai ubin motif atau terazzo, sedangkan untuk memberi kesan mewah dapat menggunakan ubin marmer atau granit.


Aksen Khusus

Warna yang mendominasi pada Desain Mid-Century Modern adalah warna-warna yang dapat meyatu dengan alam, seperti cokelat, hijau, orange, kuning, putih, pokoknya warna yang memberikan nuansa natural. Keunikan dari Desain Mid-Century Modern adalah memungkinkan beberapa warna untuk digunakan pada satu ruangan, layaknya gaya retro yang penuh warna. Namun, perlu diperhatikan bahwa dalam memadumadankan warna, warna-warna yang dipilih harus senada dan tidak terlalu kontras antara warna gelap dan warna terang.


Deluxe Interiors didirikan atas keinginan untuk menghasilkan karya seni dan terinspirasi untuk menciptakan kenyamanan pada suatu hunian. Kepuasan anda atas hasil kerja kami memotivasi kami untuk terus berkembang dan selalu memberikan yang terbaik.


Temukan pembahasan tentang berbagai gaya interior desain unik lainnya di https://www.deluxe-id.com/deluxe-interiors-blog . Untuk konsultasi seputar desain interior dan custom furniture serta informasi lebih lanjut mengenai artikel ini, silakan kunjungi kantor dan show room kami, Deluxe Interiors | Interior Design & Custom Furniture , Silkwood Residence, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan, atau kunjungi website kami di www.deluxe-id.com .

111 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


Commenting has been turned off.
bottom of page