top of page

Jenis Dekorasi dalam Desain Interior : Kaca


Sumber Gambar : saflex.com


Kaca adalah salah satu perabot yang peranannya cukup krusial dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Disamping fungsi utamanya, kaca juga menjadi salah satu komponen pendukung yang krusial dalam mempercantik keseluruhan desain interior suatu ruangan. Untuk memaksimalkan nilai estetika desain interior, setiap jenis kaca harus disesuaikan dengan konsep desain interior ruangannya.


Terdapat berbagai jenis kaca dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Setiap jenisnya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing tergantung pada cara pemakaiannya pada desain interior.


Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang jenis-jenis kaca sebelum anda memilih kaca yang tepat untuk melengkapi desain interior tempat anda, silakan simak artikel berikut tentang jenis-jenis kaca dan cara pemakaiaannya.


1. Kaca Bening

Jenis kaca ini adalah yang sering anda temukan dimana-mana. Biasnya dipakai untuk kaca jendela. Kaca ini polos dan tembus pandang, memungkinkan sinar matahari menembus ke dalam ruangan.


2. Kaca Warna

Sering juga disebut sebagai kaca rayban. Jenis kaca ini juga transparan, namun bedanya jenis kaca ini memiliki warna yang bebeda-beda dan sinar matahari yang dapat menembus kaca ini lebih sedikit. Maka dari itu, kaca warna cocok digunakan jika anda ingin mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan.


3. Kaca Patri

Mirip seperti kaca warna, kaca patri yang juga disebut stained glass, meurupakan jenis kaca yang memiliki warna bervariasi, terbuat dari pecahan kaca yang disatukan dengan timah atau kuningan. Kaca patri sering digunakan sebagai aksen dan dekorasi.


4. Kaca Es

Meskipun kaca es juga polos dan transparan, akan tetapi kaca es sering kali digunakan untuk mengaburkan pandangan. Hal ini dikarenakan kaca es bertekstur dan memiliki pola tertentu. Kaca es sering digunakan sebagai dekorasi dan mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan.


5. Kaca Tempered

Dibentuk dengan panas 700oC melalui proses konduksi, konveksi, dan radiasi, membuat kaca tempered memiliki karakteristik berbeda antara bagian permukaan dan dalamnya. Kaca ini biasanya digunakan di tempat-tempat tinggi karena kekuatannya menahan angin dan tekanan.


6. Kaca Laminasi

Dibandingkan dengan jenis kaca lainnya, kaca laminasi memiliki ketahanan yang lebih kuat. Kaca sengaja dibuat lebih tebal, memungkinkan kaca laminasi untuk digunakan sebagai elemen bangunan yang diinstalasi langsung sebagai partisi.


7. Kaca Cermin

Kaca ini dibuat transparan di satu sisi saja. Jadi orang dari satu sisi bisa melihat ke sisi lain, namun dari sisi sebaliknya tidak bisa melihat ke sisi tersebut. Biasanya kaca cermin digunakan untuk ruangan-ruangan yang membutuhkan privasi lebih.


Setelah membaca artikel singkat diatas, mungkin anda dapat mengambil beberapa informasi yang kiranya dapat anda jadikan referensi dalam mempertimbangkan pilihan kaca yang ingin akan anda gunakan untuk melengkapi desain interior tempat anda. Jenis-jenis kaca yang dibahas pada artikel ini adalah hanya beberapa jenis saja yang sering dingunakan dalam desain interior.


Mungkin ada baiknya, sebelum anda menetapkan pilihan anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page