top of page

Jenis Dekorasi dalam Desain Interior : Lampu


Sumber Gambar : i.pinimg.com


Lampu berfungsi sebagai penerangan buatan yang peranannya sangat penting, terlebih di dalam ruangan. Disamping fungsi utamanya, lampu juga menjadi salah satu komponen pendukung yang krusial dalam mempercantik keseluruhan desain interior suatu ruangan. Untuk memaksimalkan nilai estetika desain interior, setiap jenis lampu harus disesuaikan dengan konsep desain interior ruangannya.


Terdapat berbagai jenis lampu dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Setiap jenisnya memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing tergantung pada cara pemakaiannya pada desain interior.


Bagi anda yang ingin tahu lebih jelas tentang jenis-jenis lampu sebelum anda memilih lampu yang tepat untuk melengkapi desain interior tempat anda, silakan simak artikel berikut tentang jenis-jenis lampu dan cara pemakaiaannya.


1. Pijar

Jenis lampu ini merupakan jenis lampu tertua dibandingkan dengan lampu yang lain. Cara kerja bohlam pijar adalah dengan menyalurkan energi panas ke kumparan kawat hingga bohlam terlihat berpijar. Sayangnya, jenis lampu ini daya tahannya relative singkat, mudah rusak. Sehingga anda perlu menggantinya setiap beberapa bulan sekali. Untuk penggunaannya sendiri, lampu pijar cukup sering dingunakan sebagai lampu dekorasi.


2. LED (Light Emitting Diode)

Kebalikan dari lampu pijar, LED memiliki daya tahan yang sangat lama, sekitar 50.000 – 100.000 jam. Selain itu, LED memiliki kualitas pencahayaan yang baik. Hal ini membuat LED menjadi salah satu jenis lampu yang efisien. Jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya, LED memiliki harga diatas rata-rata.


3. Halogen

Salah satu jenis lampu dengan kualitas pencahayaan paling terang, cocok sebagai lampu hias atau lampu sorot. Sumber cahaya lampu ini berasal dari gas halogen. Daya tahan lampu ini juga lebih lama dibandingkan lampu pijar. Dengan pencahayaan yang kuat, lampu halogen dapat digunakan dimana saja, bahkan untuk outdoor.


4. CFL (Compact Fluorescent Light)

Saat pertama kali dinyalakan, CFL memerlukan waktu 30 – 180 detik untuk mencapai terang maksimal. Setelah mencapai titik terangnya, CFL hanya membutuhkan daya 70% lebih rendah daripada lampu pijar. Daya tahannya juga lebih lama. Kualitas pencahayaan CFL hampir sama dengan lampu pijar, cocok untuk penggunaan interior ruangan.


5. HID (High Intensity Discharge)

Selain halogen, lampu jenis HID juga menggunakan gas dalam cara kerjanya. Lampu ini dikenal efisien dan daya tahan yang relatif lama. Pengunaan HID pada interior dapat anda lihat pada lampu-lampu berukuran besar, seperti yang terpasang pada plafon gudang, garasi, stadion atau gedung olah raga indoor, intinya pada ruangan yang berukuran besar dan tinggi, dimana pencahayaan dari lampu pada plafon yang tinggi tersebut dapat menerangi ruangan.


6. Hybrid Halogen CFL

Sesuai dengan namanya, lampu ini adalah kombinasi dari segala kelebihan ketiga jenis lampu. Memiliki bentuk seperti lampu pijar, dengan bohlam CFL dan halogen di dalamnya. Lampu ini memiliki kualitas cahaya seperti halogen dengan daya tahan yang lama. Jenis lampu ini cocok untuk digunakan untuk indoor.


Setelah membaca artikel singkat diatas, mungkin anda dapat mengambil beberapa informasi yang kiranya dapat anda jadikan referensi dalam mempertimbangkan pilihan lampu yang ingin akan anda gunakan untuk melengkapi desain interior tempat anda. Jenis-jenis lampu yang dibahas pada artikel ini adalah hanya beberapa jenis saja yang sering dingunakan dalam desain interior.


Mungkin ada baiknya, sebelum anda menetapkan pilihan anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page