top of page

Jenis Furniture & Desain Interior : Dapur


Sumber Gambar : etsy.com


Dapur merupakan salah satu bagian hunian yang menjadi target utama untuk direnovasi dengan desain interior menawan. Selain untuk memudahakan kegiatan masak-memasak, desain interior dapur yang cantik juga dapat mengubah nuansa seluruh ruangan, bahkan hunian jika dapur tersebut terekspos.


Biasanya pada hunian baru, dapur masih kosong atau hanya ada beberapa furniture sederhana. Tentu hal ini seringkali kurang mampu mencukupi kebutuhan penghuni untuk berkegiatan secara optimal. Maka dari itu, sudah cukup umum bagi para penghuni baru untuk merombak dan merenovasi dapur lalu menempatkan berbagai furniture.


Bagi anda para pemilik hunian baru, sebelum melakukan renovasi dapur ada baiknya anda mengetahui apa saja sih yang anda ingin dapatkan dari merenovasi dapur anda, dan bagaimana desain interior dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Yuk, kita simak bersama.


1. Kitchen Set

Merupakan salah satu furniture yang wajib anda miliki di dapur anda. Setiap interior desainer pasti akan menyarankan pembuatan kitchen set untuk dapur anda.


Terbagi menjadi kitchen atas dan bawah, fungsi utama kitchen set adalah untuk menyimpan perabot dapur. Kitchen set bawah digunakan untuk menyimpan perabot dan barang yang berukuran besar, seperti tabung gas, gallon air, dan panci-panci. Ada pula yang dibuatkan laci susun, untuk menyimpan peralatan masak. Sedangkan kitchen set atas digunakan untuk menyimpan barang-barang yang rutin digunakan, seperti piring-piring dan bumbu masak.


Selain sebagai tempat menyimpan barang, kitchen set dapat menjadi daya tarik tersendiri jika desainnya dibuat menarik dan estetis. Bahkan desain kitchen set merupakan hal yang penting karena kitchen set ukurannya hampir memenuhi dapur, sehingga akan terlihat paling jelas. Maka itu desain kitchen set merupakan penentu dari nuansa desain interior dapur anda.


2. Top Table

Diatas kitchen set bawah terdapat suatu permukaan solid yang biasa disebut top table. Fungsinya untuk meletakan barang-barang dan tempat dilakukannya kegiatan dapur. Desain interior dapur dan kitchen set juga tak lepas dari top table -nya, bahkan tak jarang desain interior menjadikan top table sebagai satu kesatuan desain dengan kitchen set.


Pemilihan top table cukup peting dan baiknya harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan interior desainer. Terdapat beberapa bahan top table yaitu, keramik, marmer, granit, duco, dll. Setiap bahan ini memiliki fungsi, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Dalam hal ini penting pula untuk mengedepankan aspek estetika karena untuk top table, tampilan sama pentingnya dengan fungsinya.


3. Dinding Dapur

Masih menjadi satu kesatuan dengan desain, dinding dapur adalah bagian dinding diantara top table dan kichen set atas. Bahan yang digunakan pun cukup beragam, namum yang paling sering digunakan adalah kermaik, granit, dan marmer, karena permukaannya yang licin membuat mudah untuk dibersihkan dari noda dan minyak.


4. Kompor & Cooker Hood

Kalau kompor sudah wajib adanya. Namun yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan kompor adalah kesuaian dengan desain interior dapur anda. Jika anda memiliki top table yang bagus, ada baiknya anda menggunakan kompor tanam agar menyatu dengan top table dan seakan menjadi bagian dari desain interior dapur.


Ada pula cooker hood. Untuk anda yang tinggal di apartemen cooker hood juga sama dibutuhkannya dengan kompor. Bentuknya seperti cerobong asap dengan fungsi yang sama, membuang uap masakan keatas. Cooker hood dilietakan diatas kompor dengan pipa yang disembunyikan di dalam cabinet atas, agar mampu menyedot uap panas tersebut.


5. Kitchen Sink

Ini pun wajib anda miliki di dapur. Namun sebagai tambahan, anda dapat menambahkan grease trap pada bagian bawah sink, disembunyikan didalam cabinet bawah. Fungsi grease trap adalah untuk menyaring minyak dari cucian peralatan makan, sehingga saluran sink tidak mampet dikemudian hari.


Pembahasan singkat diatas telah memberikan kita gambaran tentang masing-masing jenis furniture pada dapur. Berdasarkan pemahaman anda tentang jenis-jenis furniture tersebut, anda dapat memperkirakan furniture apa saja dan desain interior seperti apa yang cocok untuk anda, dengan catatan bahwa furniture tersebut harus disusaikan benar-benar dengan desain interior hunian.


Maka dari itu, sebelum anda menetapkan pilihan anda, ada baiknya anda melakukan sesi konsultasi terlebih dahulu dengan desainer interior profesional. Biasanya, mereka dapat memberikan pandangan dan pilihan baru yang sangat menarik untuk anda pertimbangkan.


Deluxe Interiors – Alam Sutera mungkin dapat menjadi salah satu pilihan anda. Deluxe Interiors – Alam Sutera merupakan perusahaan interior desain profesional yang menyediakan layanan konsultasi, desain interior, konstruksi dan renovasi bangunan, dan pembuatan custom furniture, serta agen properti. Semua desain dan furniture kami kerjakan di pabrik kami sendiri, oleh desainer interior profesional dan pengrajin mebel berpengalaman, menggunakan bahan-bahan high quality. Sehingga kami dapat menciptakan hunian terbaik dengan harga yang sepadan.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Deluxe Interiors – Alam Sutera, kunjungi www.deluxe-id.com atau hubungi kantor interior desain kami di 083812937555 dan kantor property agency kami di 083897802186 . Anda juga dapat langsung mengunjungi kantor kami yang beralamat di Silkwood Residences, Tower Maple, Alam Sutera, Serpong Utara, Tangerang Selatan 15143. -6.224350387204029, 106.65082700141797

78 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page